Strategi Bisnis Yang Harus Anda Pelajari
Strategi bisnis dapat didefinisikan sebagai kombinasi dari semua keputusan yang diambil dan tindakan yang dilakukan oleh bisnis untuk mencapai tujuan bisnis dan untuk mengamankan posisi kompetitif di pasar.
Ini adalah tulang punggung bisnis karena merupakan peta jalan yang mengarah ke tujuan yang diinginkan. Kesalahan apa pun dalam peta jalan ini dapat menyebabkan bisnis tersesat di tengah kerumunan pesaing yang luar biasa.
Definisi singkat di atas akurat tetapi, untuk bantuan praktis, banyak pelaku bisnis lebih memilih versi yang sedikit lebih panjang:
Strategi bisnis adalah rencana kerja perusahaan untuk mencapai visinya, memprioritaskan tujuan, bersaing dengan sukses, dan mengoptimalkan kinerja keuangan dengan model bisnisnya.
Pilihan tujuan adalah inti dari strategi, tetapi pendekatan yang lengkap juga menjelaskan secara konkret bagaimana perusahaan berencana untuk memenuhi tujuan tersebut. Sebagai hasilnya, strategi ini menjelaskan secara praktis bagaimana perusahaan membedakan dirinya dari pesaing, bagaimana perusahaan menghasilkan pendapatan, dan di mana ia mendapatkan margin.
Strategi Mencerminkan Kekuatan, Kerentanan, Sumber Daya, dan Peluang Perusahaan. Dan, Mereka Juga Mencerminkan Pesaing
Perusahaan dan Pasarnya.
Banyak strategi dan model bisnis yang berbeda dimungkinkan, bahkan untuk perusahaan di industri yang sama yang menjual produk atau layanan serupa. Southwest Airlines (di AS) dan Ryan Air (di Eropa), misalnya, memiliki strategi berdasarkan penyediaan transportasi murah. Pendekatan Singapore Airlines berfokus pada citra merek untuk kemewahan dan layanan berkualitas. Dalam industri kompetitif, setiap perusahaan merumuskan strategi yang diyakini dapat dieksploitasi.
Pentingnya Strategi Bisnis
Tujuan bisnis tanpa strategi hanyalah mimpi. Ini tidak kurang dari pertaruhan jika Anda masuk ke pasar tanpa strategi yang terencana dengan baik.
Dengan meningkatnya persaingan, pentingnya strategi bisnis menjadi jelas dan ada peningkatan besar dalam jenis strategi bisnis yang digunakan oleh bisnis. Berikut adalah lima alasan mengapa strategi diperlukan untuk bisnis Anda.
Dalam bisnis, strategi dimulai dengan fokus pada tujuan tingkat tertinggi dalam industri swasta: Meningkatkan nilai pemilik. Bagi sebagian besar perusahaan itulah alasan perusahaan untuk menjadi.
Namun, dalam praktiknya, perusahaan mencapai tujuan ini hanya dengan mendapatkan laba. Oleh karena itu bagi sebagian besar perusahaan, tujuan tertinggi dapat dinyatakan dengan merujuk pada "keuntungan." Karena itu, strategi bisnis generik bertujuan pertama untuk mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan laba.
Perencanaan
Strategi bisnis adalah bagian dari rencana bisnis. Sementara rencana bisnis menetapkan tujuan dan sasaran, strategi memberi Anda cara untuk memenuhi tujuan itu. Ini adalah rencana untuk mencapai tempat yang Anda inginkan.
Kekuatan Kelemahan
Sebagian besar waktu, Anda mengetahui tentang kekuatan dan kelemahan Anda yang sebenarnya sambil merumuskan strategi. Selain itu, ini juga membantu Anda memanfaatkan apa yang Anda kuasai dan menggunakannya untuk menutupi kelemahan Anda (atau menghilangkannya).
Efisiensi & Efektivitas
Ketika setiap langkah direncanakan, setiap sumber daya dialokasikan, dan semua orang tahu apa yang harus dilakukan, kegiatan bisnis menjadi lebih efisien dan efektif secara otomatis.
Keunggulan kompetitif
Strategi bisnis berfokus pada memanfaatkan kekuatan bisnis dan menggunakannya sebagai keunggulan kompetitif untuk memposisikan merek dengan cara yang unik. Ini memberikan identitas pada bisnis dan membuatnya unik di mata pelanggan.
Kontrol
Itu juga memutuskan jalan yang harus diikuti dan tujuan sementara yang harus dicapai. Ini membuatnya mudah untuk mengontrol kegiatan dan melihat apakah mereka berjalan sesuai rencana.
Rencana Strategi
Diskusi strategi terkadang membingungkan karena sebagian besar perusahaan memiliki banyak strategi, bukan hanya satu "strategi bisnis". Analis kadang mengatakan strategi pemasaran ketika itu berarti strategi kompetitif perusahaan. Dan, strategi keuangan perusahaan adalah sesuatu yang berbeda dari strategi penetapan harganya, atau strategi operasional. Banyak rencana strategis perusahaan berinteraksi, tetapi mereka memiliki tujuan dan rencana aksi yang berbeda.
Kerangka Strategi
Subjek strategi bisnis lebih mudah dipahami, untuk membuat koheren, dengan memandang masing-masing sebagai bagian dari kerangka kerja strategis.
Kerangka strategis adalah hierarki. Di bagian atas duduk strategi bisnis keseluruhan (atau generik) perusahaan. Di sini, tujuannya adalah tujuan bisnis tingkat tertinggi: dapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan laba. Beberapa orang mungkin langsung bertanya: Bagaimana perusahaan mencapai tujuan laba?
Perusahaan dalam industri kompetitif menjawab pertanyaan "bagaimana" dengan menjelaskan bagaimana perusahaan bersaing.
Untuk perusahaan-perusahaan ini, oleh karena itu, strategi bisnis keseluruhan secara tepat disebut strategi kompetitif. "Strategi kompetitif" menjelaskan dalam bagaimana perusahaan membedakan dirinya dari pesaing, mendefinisikan pasarnya, dan menciptakan permintaan pelanggan.
Namun, jawaban terperinci dan konkret untuk pertanyaan "bagaimana" terletak pada strategi tingkat yang lebih rendah, seperti strategi pemasaran, strategi operasional, atau strategi keuangan, misalnya strategi pemasaran, mungkin bertujuan untuk "Mencapai pangsa pasar terkemuka." Atau, "Membangun kesadaran merek terkemuka."
Tujuan strategi keuangan dapat mencakup: "Mempertahankan modal kerja yang cukup" atau "Menciptakan struktur modal dengan leverage tinggi."
Strategi Bisnis vs Rencana Bisnis vs Model Bisnis
Strategi bisnis adalah bagian dari rencana bisnis yang merupakan bagian dari struktur konseptual besar yang disebut model bisnis.
Model Bisnis adalah struktur konseptual yang menjelaskan bagaimana perusahaan beroperasi, menghasilkan uang, dan bagaimana bermaksud untuk mencapai tujuannya. Rencana bisnis mendefinisikan tujuan-tujuan tersebut, dan strategi bisnis menguraikan peta jalan tentang cara mencapainya.
Memahami Kerangka Strategis
Memang, sebagian besar perusahaan mengembangkan dan menggunakan kerangka kerja strategis yang kaya dan kompleks. Akibatnya, formulasi strategi bisnis lebih eksplisit ketika mereka fokus pada poin-poin ini:
Tujuan Bisnis
Tujuan bisnis spesifik untuk setiap strategi. Identifikasi tujuan mana dalam kerangka kerja yang memiliki prioritas di atas yang lain.
Memetakan hubungan antara berbagai strategi. Menunjukkan, misalnya, mana di antara mereka yang dapat didukung.
Artikel ini, karenanya, menyajikan strategi bisnis sebagai komponen kerangka kerja strategis.
Komponen Kunci Strategi Bisnis
Sementara tujuan didefinisikan dengan jelas dalam rencana bisnis, strategi menjawab semua apa, mengapa, siapa, di mana, kapan, dan bagaimana cara memenuhi tujuan itu. Berikut adalah komponen kunci dari strategi bisnis.
Misi, Visi, & Tujuan Bisnis
Fokus utama dari strategi bisnis adalah untuk memenuhi tujuan bisnis. Ini memberikan visi dan arahan kepada bisnis dengan instruksi yang jelas tentang apa yang perlu dilakukan, bagaimana itu harus dilakukan, dan siapa yang bertanggung jawab untuk itu.
Nilai Inti
Ini juga menyatakan 'keharusan' dan 'tidak boleh tidak' dari bisnis yang mengklarifikasi sebagian besar keraguan dan memberikan arah yang jelas ke tingkat atas, unit, serta departemen.
KERJA KERAS
Analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) adalah ringkasan dari situasi perusahaan saat ini. Ini merupakan komponen penting dari strategi bisnis karena mewakili kekuatan dan peluang saat ini yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan serta kelemahan dan ancaman yang harus diwaspadai oleh perusahaan.
Taktik Operasional
Unit dan strategi bisnis fungsional masuk jauh ke dalam rincian operasional tentang bagaimana pekerjaan perlu dilakukan agar menjadi paling efektif dan efisien. Ini menghemat banyak waktu dan usaha karena semua orang tahu apa yang perlu dilakukan.
Baca juga beberapa artikel yang membahas tentang bisnis di blog ini agar Anda lebih tahu mengenai semua tentang bisnis.
Baca juga beberapa artikel yang membahas tentang bisnis di blog ini agar Anda lebih tahu mengenai semua tentang bisnis.
0 Response to "Strategi Bisnis Yang Harus Anda Pelajari"
Post a Comment