Popular Posts

Cara Merawat DOC Ayam Kampung Agar Sehat Dan Tidak Penyakitan

Cara merawat DOC ayam kampung bisa terbilang lebih mudah, karena ayam kampung sendiri lebih kuat menghadapi berbagai macam penyakit dan pergantian musim yang ekstrem.

Cara merawat DOC ayam kampung:


1. Siapakan kadang box min 1x1 meter atau disesuaikan dengan berapa jumlah DOC yang di miliki, model kandang bisa ditutup semua bagian nya menggunakan plywood (triplek) dan bisa juga menggunakan spaduk bekas. Inilah contoh kandang DOC saya, yang sengaja bagian depan sengaja saya kasih kawat, di mana berguna saat musim hujan bisa di tutup dengan plywood (triplek) dan saat musim panas bisa di buka kembali, posisi kadang nya berada di belakang rumah saya yang belum jadi, jadi sementara ini saya belum perlu membuat atap untuk kadang ayam saya.
Membuat Kandang Ayam 2 Tingkat


2. Siapkanlah lampu untuk penghangat DOC di dalam kandang, bisa menggunakan lampu kuning 25 watt atau 15 watt, kalo saya sendiri menggunakan lampu 25 watt untuk kandang DOC. Yang hanya saya nyalakan setiap malam, karena ditempat saya suhu pada malam hari tergolong dingin, dan pada siang hari sangat panas. 

3. Untuk minum DOC, pada umur 1-3 hari bisa menggunakan air gula pasir takarannya sekitar 3 sendok gula untuk satu liter air. Air gula pasir ini berguna untuk membantu meningkatkan stamina ayam saat baru menetas, setelah umur 4 hari - 1 bulan, bisa menggunakan campuran vitachik dan neobro takarannya kira kira setengah gram vitachik dan neobro untuk satu liter air.
Minum Ayam Umur 4 Hari Sampai 1 Bulan


4. Untuk pakan DOC atau anak ayam dari umur 1 hari sampai 1 bulan full menggunakan bama(voer) yang di haluskan jika ingin memiliki ayam yang berisi, tanpa campuran, setelah lebih satu bulan baru bisa menggunakan pakan campuran.
Pakan Yang Di Haluskan Untuk DOC


Itu dia beberapa tips dari saya dalam memelihara DOC ayam kampung agar sehat dan berisi, semoga tips bermanfaat. 

0 Response to "Cara Merawat DOC Ayam Kampung Agar Sehat Dan Tidak Penyakitan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel